Data Center Nasional akan Selesai Tahun ini

1 post / 0 new
sudrajats
Data Center Nasional akan Selesai Tahun ini

Data Center Nasional diprediksi akan selesai pada tahun 2020 ini, seperti yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan.

  “Kita sedang mempersiapkan pula yg namanya Data Center Nasional, Bapak (Menkominfo) telah kirim suratnya ke Bu Menteri (Menkeu) dan Pak Menteri Bappenas buat percepatan, mudah-mudahan tahun ini mampu kita selesaikan, & sudah mulai pembangunannya,” ujar Semuel.

  Data Center Nasional ini disebut menjadi harga ban irc keliru satu tanggapan berdasarkan insiden kebocoran data hampir separuh rakyat negara Indonesia. Menteri Komunikasi & Informatika Johnny G Plate menjelaskan bahwa Pusat Data Nasional Pemerintah tadi akan mengintegrasi data pemerintah menggunakan sistem keamanan berlapis.

 Sistem keamanan ini dianggap lebih memadai sesuai dengan standar keamanan yg berlaku, dan diperlukan akan mencegah perpindahan data antar lembaga, & memperkuat ketahanan data dan informasi nasional.

  Perlindungan Data Pribadi menjadi isu hangat di kalangan masyarakat selesainya peretas menjamin memiliki & siap memperdagangkan data 2,3 juta masyarakat Indonesia. Hal ini seolah sebagai pemanas sebab sebelumnya ecommerce Tokopedia dan Bhinneka dikabarkan mengalami kebocoran data pengguna.

  Sementara itu, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi & Informatika menekankan komitmennya pada mengamankan data pada pelaksanaan pelacakan kontak Covid-19 bertajuk PeduliLindungi.

  Pengamanan pelaksanaan yg diluncurkan pemerintah dalam akhir bulan Maret lalu ini dianggap Ditjen Penyelenggaraan Pos & Informatika bekerja sama dengan Badan Siber & Sandi Negara (BSSN).

  Sebelumnya, Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan masih akan menggandeng BSSN (Badan Siber dan & Sandi Negara) buat investigasi perkara bocornya data pengguna Bhinneka.

  Menurutnya langkah ini terkait menggunakan sistem keamanan berdasarkan layanan sehingga dinilai pantas buat melihatkan BSSN. Sementara itu, Kementerian Komunikasi & Informatika balik  menggelar inisiatif buat penanggulangan pandemi Covid-19.

  Kali ini buat memastikan produktivitas rakyat selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pihak Kominfo menggelar program training bidang digital.

  Tiga program yang mampu dimanfaatkan sang masyarakat terdiri berdasarkan program Digital Talent Scholarship (DTS) 2020, Siberkreasi Online Class dan acara pendampingan buat para pelaku UMKM/UMi pada tempat wisata prioritas.