KPU Akui Masalah di Pengadaan APK Pilgub Jateng

1 post / 0 new
abas88
KPU Akui Masalah di Pengadaan APK Pilgub Jateng

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah mengakui mendapat kendala dalam pemasangan alat peraga kampanye (APK). Namun, kata Ketua KPU Jateng Joko Purnomo, baliho dua pasang calon sudah dipasang. Sebelumnya, ungkap Joko, pemenang lelang pengadaan APK sudah menyatakan kesiapan menyediakan alat peraga. Tapi hingga batas akhir pengadaan APK, pemasangan alat peraga tak sesuai ketentuan.

"Jadi kami putus kontrak kerja sama dengan pemenang tander tersebut," kata Joko di Semarang, Kamis, 5 April 2018. Lalu KPU  melakukan lelang ulang. Tapi, KPU Jateng tetap menginstruksikan setiap kabupaten dan kota memasang baliho berisikan sosialisasi.

“Sedangkan untuk umbul-umbul dan spanduk juga sudah dipasang di setiap kecamatan dan kelurahan. Ini proses pemasangan juga masih berjalan," ujar Joko. Sebelumnya, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memprotes KPU Jateng. Sebagai aplikasi edit foto partai pendukung Sudirman Said - Ida Fauziyah, Gerindra menilai pemasangan alat peraga kampanye untuk pasangan calon gubernur - wakil gubernur nomor urut 2 itu tersendat.

"Bila KPU tak netral, maka tak menutup kemungkinan kami akan melayangkan gugatan," kata  Sekretaris DPD Gerindra Jateng Sriyanto Saputro